Mesin Pengolah Makanan Ringan Berupa Mesin Vacuum Frying

Mesin Pengolah Makanan Ringan Vacuum Frying

Vacuum frying merupakan salah satu mesin pengolah makanan ringan yang dapat mengolah buah-buahan berair menjadi keripik buah lezat. Rasanya sesuai rasa buah-buahan tersebut karena banyak orang menyukainya buah, namun apabila disajikan dalam bentuk keripik buah. Pastinya orang akan tertarik ingin coba membeli dan memakannya.

mesin pengolah makanan ringan

Menjadi negara tropis, banyak buah serta sayuran asli yang mampu tumbuh pada indonesia. Di waktu isu terkini panen kebanyakan buah serta sayuran itu dijual dalam bentuk buah atau sayuran segar, sebagai akibatnya harga jual sangat tergantung pada syarat kesegaran butir atau sayuran tersebut. Tentunya dengan kondisi buah atau sayuran yang masih segar harga jualnya akan baik, tetapi Bila kondisinya sudah layu, maka harga jual akan turun bahkan banyak yg dibuang sebab sudah busuk. Buat mengatasi hal ini, butir atau sayuran tadi harus diolah dan dirancang produk lain buat mendapatkan nilai tambah dan lebih awet.

Menjadi solusi buat menjawab perseteruan ini merupakan menggunakan mesin vacuum frying. Apa itu mesin vacuum frying?

Mesin vacuum frying artinya mesin yang berfungsi buat memproduksi keripik buah maupun keripik sayur dengan cara melakukan penggorengan secara vacuum tanpa merubah rasa buah tersebut dan  memperpanjang masa buah itu buat dikonsumsi.

Butir serta sayuran apa saja yg bisa digoreng menggunakan mesin vacuum frying?

Hampir semua buah yang tumbuh di negara kita bisa kita buat menjadi keripik buah dengan mesin ini. Karena mesin pengolah kuliner ini mampu menghasilkan aneka macam jenis keripik buah mirip keripik mangga, keripik melon, keripik semangka, keripik apel, keripik nangka, keripik papaya, keripik salak, keripik fungi, keripik rambutan, keripik jambu, keripik pisang, keripik cempedak dan  lain sebagainya. Buat sayuran yang mampu diolah menjadi keripik dengan vacuum frying artinya wortel, buncis, kacang panjang, terong dan  lain sebagainya.

Bagaimana prinsip dasar asal menggoreng menggunakan vacuum frying?

Secara teknis, cara menggoreng menggunakan mesin vacuum frying ini sebagai berikut:

    bahan yg dimasukkan ke pada penggorengan vacuum akan digoreng secara vacuum. Penggorengan secara vacuum ini akan membentuk kadar air di pada buah atau sayuran akan dikeluarkan serta digantikan sang minyak. Menggunakan suhu penggorengan rata-rata yg digunakan berkisar 80-90 derajat celsius dan  tekanan mampu mencapai 76 cmhg, menggunakan lama   penggorengan antara 45 mnt hingga 60 mnt (perlakuan ini tergantung jenis serta karakteristik buah atau sayuran). Sebab setiap butir memiliki kadar air serta tekstur daging butir yang tidak sinkron. Karena penggorengan menggunakan mesin vacuum frying ini bisa menurunkan titik didih pada bawah 90 derajat celcius, maka yang akan terjadi kripik tidak akan hingga gosong.

    Buat menggoreng diperlukan minyak goreng kurang lebih 75 liter. Dengan adanya penurunan titik didih pada bawah 90 derajat celsius di penggorengan maka struktur kandungan minyak goreng tidak cepat rusak, sebagai akibatnya minyak goreng  bisa dipergunakan buat menggoreng kripik sampai mencapai 100 kali penggorengan. Dengan demikian mampu menghemat penggunaan minyak goreng.

    Buat yang akan terjadi yang terbaik sebaiknya menggunakan minyak goreng yang bermerk serta jernih, karena minyak goreng yg kualitasnya rendah akan mempengaruhi  warna serta aroma kripik buah. Butir atau sayuran yang didesain dengan mesin vacuum frying mampu bertahan buat layak konsumsi hingga setengah tahun, serta ini juga tergantung kualitas akan kemasannya.

Jaman sekarang memang sudah canggih karena kemajuan teknologi yang begitu pesat jadi pembuatan makanan ringan pun kini sudah menggunakan peralatan masak berupa mesin pengolah makanan ringan berteknologi canggih yang dapat membuat makanan ringan dengan cepat dan hasilnya dalam jumlah yang banyak.

Demikian pembahasannya tentang cara penggunaan mesin pengolah makanan ringan berupa mesin vacuum frying semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s